24 Desember 2020

KISAH NABI ILYAS DAN ILYASA AS

Kisah nabi Ilyas alaihi salam
Menurut silsilah,nabi Ilyas adalah keturunan nabi Harus as. Kaum nabi Ilyas menyembah patung yang disebut Ba'al.
Beliau mengajak kaumnya untuk meninggalkan penyembahan berhala dan kembali untuk menyembah Allah,nabi Ilyas berkata : Takutlah kepada Allah yaitu Tuhan kamu,yang menciptakan kamu dan Tuhan dari nenek moyang dulu".

Tidak jemu-jemunya nabi Ilyas menyeru kaumnya supaya meninggalkan kebisaannya menyembah berhala namun mereka malah merencanakan untuk membunuh nabi Ilyas.
Atas perilaku mereka itulah kemudian Allah menurunkan adab dengan datangnya musim kemarau yang berkepanjangan dan berlangsung selama bertahun-tahun sehingga tidak ada air,tanaman serta hewan-hewan ternakpun banyak yang mati.

Barulah mereka ingat kepada nabi Ilyas dan mendatanginya seraya memohon untuk dido'akan supaya turun hujan dan merekapun berjanji akan bertobat serta mengikuti semua ajarannya. Nabi Ilyas-pun berdo'a kepada Allah dan hujanpun turun dengan sangat deras,tanah kembali subur,suasanapun kembali tentram.
Akan tetapi kaum nabi Ilyas ingkar terhadap janjinya dan kembali menyembah berhala serta melakukan semua perbuatan dosa. Allah kemudian menurunkan azab kepada mereka dengan gempa bumi yang sangat dahsyat sehingga tidak ada satupun yang bisa selamat kecuali nabi Ilyas dan para pengikutnya.

Kisah nabi Ilyasa alaihi salam
Kisah nabi Ilyasa tidak banyak disebutkan dalam Al-qur'an,hanya beberapa keterangan menjelaskan "Dan ingatlah akan Ismail,Ilyasa dan Dzulkifli,semuanya termasuk orang-orang yang paling baik".
Sejak kecil beliau sudah taat kepada Allah,setelah nabi Ilyas wafat kemudian Allah mengangkat nabi Ilyasa sebagai utusanNya.

Pada masa nabi Ilyasa penduduk bani Israil hidup rukun,tentram dan makmur karena berbakti dan bertaqwa kepada Allah.
Setelah nabi Ilyasa wafat,kaum bani Israil sangat mersa kehilangan sosok pembimbing sekaligus pemimpin dan beberapa tahun setelah wafatnya nabi Ilyasa kaum bani Israil kembali ingkar dan kemudian Allah mengutus nabi Yunus alaihi salam.

Baca juga : Kisah nabi Yunus as

Tidak ada komentar:

Posting Komentar