05 Desember 2020

5 MANFAAT SIRIH MERAH BAGI KESEHATAN

Sirih merah atau Piper ornatum adalah salah satu tanaman yang termasuk dalam katergori tanaman obat keluarga dengan ciri daun berbentuk seperti hati dengan warna hijau kemerah-merahan serta tumbuh merambat seperti halnya sirih biasa yang dapat dengan mudah bisa kita jumpai di pekarangan rumah ataupun di tempat lain.

Akan tetapi,mungkin hanya sedikit orang saja yang menanam sirih merah di sekitar rumahnya,hal tersebut saya buktikan dari sekian banyak yang memiliki tanaman sirih hanya satu rumah saja yang saya jumpai menanam sirih merah yang fotonya bisa kalian lihat pada bagian awal artikel yang saya tulis ini.

Tidak jauh berbeda dengan sirih biasa tanaman sirih merah juga memiliki khasiat yang dipercaya mampu mengatasi segala macam penyakit,beberapa kandungan yang terdapat pada sirih merah diantaranya adalah alkaloid,flavonoid,saponin,tanin,karvakol dan eugenol yang berfungsi sebagai antioksidan,antiinflamasi,antikanker dan antiseptik.

Berikut adalah manfaat daun sirih merah bagi kesehatan tubuh.

  1. MERAWAT ORGAN KEWANITAAN. Kandungan antiseptik yang terdapat dalam sirih merah dipercaya mampu mengatasi masalah keputihan serta bau tidak sedap pada bagian organ intim wanita apabila secara rutin menggunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk membersihkan organ kewanitaannya. Caranya yaitu ambil 8 lembar daun sirih merah kemudian rebus dengan 800 ml air sampai mendidih lalu angkat,dinginkan dan gunakan air rebusan tersebut untuk membersihkan organ kewanitaan.
  2. MENGATASI SARIAWAN DAN GUSI BERDARAH. Kandungan antioksidan yang tetdapat dalam sirih merah dapat membantu untuk menangkal radikal bebas atau bakteri penyebab sariawan dengan memanfaatkan air rebusannya untuk berkumur. Caranya yaitu ambil 5 lembar daun sirih merah kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga menyisakan satu gelas lalu angkat,dinginkan dan gunakan untuk berkumur (3 x sehari).
  3. MENGOBATI KANKER DAN TUMOR. Kandungan antikanker dan alkaloid dalam sirih merah dipercaya mampu melawan pertumbuhan sel kanker dan tumor dengan cara memanfaatkan air rebusannya untuk diminum. Caranya adalah rebus daun sirih merah secukupnya menggunakan 2 gelas air sampai menyisakan 1 gelas kemudian angkat setelah itu bagi kedalam 3 wadah dengan takaran yang sama selanjutnya minum 3 x sehari sebelum makan.
  4. MENGOBATI PENYAKIT JANTUNG. Kandungan senyawa aktif dalam sirih merah dipercaya mampu mengurangi tekanan darah atau hipertensi sehingga kesehatan jantung dapat tetap terjaga. Caranya adalah rebus 4 lembar daun sirih merah dengan 800 ml air sampai menyisakan 2 gelas air kemudian saring dan minum hangat-hangat sebelum makan 2 x sehari.
  5. MENGOBATI DIABETES. Kandungan alkaloid dan flavonoid dalam daun sirih merah dipercaya ampuh menurunkan kadar gula dalam tubuh. Caranya adalah rebus 3 lembar daun sirih merah yang setengah tua dengan 3 gelas air sampai menyisakan 1 ½ gelas kemudian minum tiap ½ gelas air rebusan sirih merah tersebut 3 x sehari setelah makan.
Itulah beberapa manfaat daun sirih merah bagi kesehatan tubuh,semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung ke blog yang sangat sederhana ini.

Baca juga : Manfaat buah duwet untuk atasi diabetes,penyakit jantung dan kanker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar