CARI ARTIKEL DISINI

24 Desember 2020

KISAH NABI MUHAMMAD SAW

Disebutkan bahwa nabi Muhammad lahir pada tanggal 12 Rabiul awal tahun gajah. Disebut tahun gajah karena raja Abraha datang ke Mekah dengan mengendarai gajah sebagai sarana untuk menghancurkan Ka'bah.
Akan tetapi hal tersebut tidak terlaksana karena Allah mengutus bala tentaranya berupa burung-burung yang membawa batu kerikil yang panas membara dari Neraka.

Ayah nabi Muhammad bernama Abdullah bin Abdul Muthalib dan ibubya bernama Siti Aminah,ayah nabi Muhammad meninggal saat nabi Muhammad masih berada dalam kandungan. Ketika berusia 6 tahun beliau diajak ibunya berziarah ke makam ayahnya di Madinah dan mereka menetap di Madinah selama satu bulan. Ketika dalam perjalanan pulang,tepatnya di desa Abwa,Siti Aminah jatuh sakit dan meninggal dunia.

Dengan demikian,nabi Muhammad sudah menjadi yatim piatu sejak usia beliau masih 6 tahun. Selanjutnya beliau diasuh oleh kakeknya yaitu Abdul Muthalib,seorang pemuka Quraisy yang sangat disegani masyarakat kota Mekah.
Namun 2 tahun kemudian sang kakek meninggal dunia,selanjutnya nabi Muhammad diajak pamannya berdagang ke Syam.
Sampai di Busra mereka bertemu dengan pendeta Nasrani bernama Buhair dan pendeta tersebut berpesan agar Muhammad dijaga keselamatannya,sebab jelas sekali pada diri Muhammad terdapat tanda-tanda kenabian.

Menginjak dewasa,nabi Muhammad berdagang dan bekerjasama dengan saudagar perempuan bernama Siti Khadijah ke negeri Syam disertai pembantunya bernama Maisarah. Sifat jujur yang dimiliki oleh nabi Muhammad telah membuat Siti Khadijah merasa tertarik dan beberapa hari setelah pulang dari Syam Abu Thalib mendapat lamaran dari Khadijah dengan maksud ingin menikah dengan nabi Muhammad SAW. Abu Thalib tidak merasa keberatan dengan lamaran tersebut dan nabi Muhammad- pun menerimanya.

Nabi Muhammad SAW menikah saat usia 25 tahun dan Siti Khadijah 40 tahun.
Pada usia 40 tahun tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan di goa Hira Allah mengutus malaikat Jibril membawa wahyu yang pertama. Nabi Muhammad sangat ketakutan,tubuhnya gemetar melihat kedatangan malaikat Jibril.
Malaikat Jibril kemudian merangkul tubuh nabi Muhammad agar beliau tidak terlalu merasa ketakutan dan berkata "Bacalah"
Nabi Muhammad menjawab "Aku tidak bisa membaca" dan jawaban itu diulanginya sebanyak 3 kali,akhirnya nabi Muhammad bertanya kepada Jibril "apa yang harus ku baca?" kemudian malaikat Jibril membacakan  surat Al-Alaq dari ayat 1 - 5.

Setelah kejadian tersebut nabi Muhammad pulang ke rumah dengan tubuh gemetar,beliau disambut Khadijah yang sangat setia dan memperhatikannya.
Dua setengah tahun kemudian nabi Muhammad baru menerima wahyu yang kedua,malaikat Jibril berkata "hai orang yang berselimut,bangunlah dan berilah peringatan! Besarkanlah nama Tuhan,bersihkanlah pakaian,jauhilah perbuatan maksiat,janganlah kamu memberi karena hendak memperoleh yang lebih banyak dan hendaklah kamu bersabar untuk memenuhi perintah Tuhan".

Dengan demikian jelaslah jika nabi Muhammad diperintahkan untuk menyampaikan risalahNya yaitu mengajak umat manusia untuk menyembah Allah yang maha esa. Orang terdekat yang pertama memeluk agama islam adalah Khadijah kemudian Ali bin Abi thalib,Zaid abi baritsah,Abu bakar ash shidiq dan seterusnya. Ketika beliau berada di Thaif,terjadi sebuah peristiwa besar yang dikenal hingga saat ini yaitu terjadinya peristiwa Isra mi'raj pada tanggal 27 Rajab.

Baca juga : Kisah nabi Adam as
loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar