CARI ARTIKEL DISINI

24 Desember 2020

KISAH NABI ZAKARIA DAN YAHYA AS

Nabi Zakaria dan istrinya sudah berusia lanjut akan tetapi belum juga dikaruniai seorang anak,siang malam beliau dan istrinya berdo'a hingga akhirnya do'a mereka dikabulkan oleh Allah.
Istri nabi Zakaria mengandung dan melahirkan anak laki-laki yang diberi nama Yahya.

Sejak kecil nabi Yahya termasuk orang yang taqwa dan beliau sudah ikut berdakwah meskipun usianya masih muda dan belum sampai 30 tahun.
Beliau mengajak umatnya bertobat dari segala dosa yang dilakukan,nabi Yahya dijauhkan dari segala kemusyrikan dan kemaksiatan dan beliau dikenal sebagai nabi yang gigih memperjuangkan agama Allah.

Pada suatu hari nabi Yahya mendengar bahwa raja Herodus  yang menguasai Palestina hendak menikahi anak tirinya yang cantik bernama Herodia. Dalam syari'at atau undang-undang kitab Taurat dan Zabur,menikahi anak tirinya dilarang dan haram hukumnya.
Raja Herodus yang sudah tergila-gila pada anak tiri nabi Yahya tidak menghiraukan larangan tersebut dan bersikeras ingin menikahinya.

Tidak seorangpun berani menentang kehendak raja Herodus,maka nabi Zakaria dan nabi Yahya segera menghadap untuk menyatakan keberatannya bahwa niat raja tersebut melanggar aturan agama dan sangat dimurkai Tuhan. Atas kejadian tersebut raja Herodus tidak terima dan memerintahkan prajuritnya untuk menagkap nabi Zakaria dan nabi Yahya.

Nabi Zakaria kemudian diminta oleh masyarakat untuk bersembunyi di belakang baitul maqdis yang kemudian beliau melihat sebuah pohon yang tengahnya terbelah dan masuklah beliau kedalam pohon tersebut,atas kuasa Allah pohon yang terbelah itu menjadi rapat sehingga tentara Herodus tidak bisa menemukan keberadaan nabi Zakaria,hingga iblis memberitahukan keberadaannya dengan menyerupakan diri sebagai manusia dan memotong pohon tersebut dengan kapak sehingga nabi Zakaria-pun meninggal dalam keadaan syahid,sementara nabi Yahya berhasil di tangkap dan dibunuh dalam penjara.

Baca juga : Kisah nabi Isa as
loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar