24 Desember 2020

KISAH NABI YAQUB AS

Nabi yaqub alaihi salam adalah putra nabi Ishak alaihi salam,beliau memiliki saudara laki-laki bernama Ish. Di usia nabi Ishak yang telah lanjut kedua matanya tidak bisa melihat,setiap hari Ish selalu menyediakan hidangan untuk ayahnya. Hingga suatu hari ibunya menyuruh Yaqub untuk menyiapkan hidangan tersebut sebelum Ish,setelah itu nabi Ishak mendo'akan Yaqub " mudah-mudahan engkau menurunkan nabi-nabi dan raja yang melindungi agama Allah ".

Do'a seorang nabi adalah do'a yang mustajab,Ish yang mendengar hal tersebut merasa iri karena menganggap Yaqub telah lancang mendahului menyiapkan hidangan kepada ayahnya. Kemudian Ish merasa dendam dan berencana akan membunuh Yaqub agar keturunannya tidak menjadi nabi dan raja.
Mendengar isu tersebut nabi Ishak menyuruh Yaqub untuk pergi ke negeri Faddan Araan di Irak menemui pamannya yang bernama Laban bin Batwih.

Nabi Yaqub-pun pergi  menuruti anjuran ayahnya,Ia berjalan pada malam hari karena khawatir akan ditemukan oleh saudaranya sementara di siang harinya Ia gunakan untuk beristirahat. Oleh karena itulah anak keturunan nabi Yaqub disebut Israil yang artinya berjalan di malam hari. Sesampainya di Irak Ia bertemu dengan pamannya,nabi Yaqub dinikahkan dengan kedua putri pamannya yang bernama Layya dan Rahil dengan maharnya harus mengembalakan ternak sang paman selama 7 tahun dan dari istri-istrinya itulah nabi Yaqub dikaruniai 12 orang anak yang salah satunya adalah nabi Yusuf alaihi salam.

Baca juga : Kisah nabi Yusuf as

Tidak ada komentar:

Posting Komentar