29 November 2020

MANFAAT DAUN SAGA UNTUK SEMBUHKAN SARIAWAN

Setelah sebelumnya saya bahas Cara sembuhkan maag kronis dengan daun jarak merah pada kesempatan kali ini saya akan coba berbagi lagi mengenai manfaat daun saga untuk sembuhkan sariawan.

Tanaman ini banyak tumbuh di beberapa daerah dengan ciri yang bisa kita kenali adalah tanaman ini tumbuh merambat dengan bentuk daun kecil-kecil seperti daun asam dan memiliki biji berwarna merah dengan corak warna hitam.

Jenis tanaman ini termasuk keluarga Fabaceae dengan nama ilmiah Abrus precatorius. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam tumbuhan ini diantaranya adalah senyawa flavonoid (anti oksidan),triterpeneglycosides,abrin dan alkaloid yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah serta dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh.

Meski demikian,efek sampingnya tentu pasti ada karena dalam setiap tanaman pasti memiliki racun dengan kadar yang berbeda-beda. Seperti pada tanaman ini, abrin adalah merupakan kandungan racun yang terdapat di dalamnya dan biasanya akan mengakibatkan gejala seperti diare,mual,muntah,iritasi,detak jantung meningkat dan lain sebagainya walaupun kasus tersebut jarang terjadi pada beberapa orang yang pernah mengkonsumsinya.

Adapun cara meramu tanaman ini untuk sembuhkan sariawan adalah sebagai berikut :

  • Ambil daun saga secukupnya atau sebanyak genggaman tangan,kemudian cuci sampai bersih.
  • Sediakan mangkuk
  • Masukan segelas air matang.
  • Remas perlahan sampai airnya berubah warna menjadi hijau.
  • Saring air remasan daun saga tersebut kedalam gelas kemudian minum.
  • Lakukan sehari sekali sebelum tidur sampai sariawannya sembuh.
Demikian cara sembuhkan sariawan dengan menggunakan daun saga ini saya tulis dan semoga bermanfaat buat kalian semua terutama para pembaca setia blog ini dan mudah-mudahan kita semua senantiasa selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan yang maha esa (Amiin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar