25 Desember 2020

KISAH NABI IDRIS AS

Menurut riwayat Bukhari,Nabi Idris alaihi salam adalah kakek dari ayahnya nabi Nuh alaihi salam. Beliau merupakan orang yang pandai menulis dan membaca kalam dan kepadanyalah Allah turunkan 30 suhuf (kitab) yang berisi petunjuk untuk disampaikan kepada umatnya.
Beliau pula sangat pandai menunggang kuda,menguasai ilmu perbintangan,berhitung serta pasih dalam memberikan penerangan terhadap orang yang durhaka.
Nabi Idris banyak mempelajari kitab-kitab sebelumnya yang di turunkan kepada nabi Adam dan Syits alaihi salam,sehingga beliau mampu selalu menemukan hal baru termasuk ilmu berhitung dan menjahit pakaian.

Nabi Idris tidak pernah lalai dalam mengingat dan beribadah kepada Allah sekalipun beliau sangat sibuk dengan segala kepentingannya. Beliau mempunyai kekuatan yang hebat,merupakan sosok yang gagah berani sehingga Ia mendapatkan gelar " Asadul-Usud " yang artinya singa dari segala singa. Allah telah mengkaruniakan kepadanya derajat yang tinggi sebagaimana dijelaskan dalam Al-qur'an surat Maryam ayat 56-57 yang artinya : " Dan ceritakanlah (hai Muhammad) kepada mereka kisah Idris (yang tersebut) di dalam Al-qur'an,sesungguhnya Ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi. Dan Kami telah mengakatnya ke martabat yang lebih tinggi ".

Baca juga : Kisah nabi Nuh as

Tidak ada komentar:

Posting Komentar