28 Desember 2020

CARA SETTING CUSTOM ROBOT.TXT SUPAYA ARTIKEL CEPAT TERINDEKS

Mungkin ada beberapa dari kalian yang bertanya-tanya kenapa postingan blog tidak langsung muncul di halaman pencarian google,padahal sudah menuliskan perintah yang sesuai dengan judul postingan tersebut pada kolom pencariannya?
Jawabannya adalah setiap postingan baru yang telah dipublikasikan tidak langsung diindeks oleh google bot,proses tersebut biasanya membutuhkan waktu untuk google bot merayapi url blog sebelum postingan yang telah dipublikasikan dimunculkan pada halaman pencarian google.


Sebenarnya ada banyak cara supaya postingan blog bisa cepat terindeks oleh google,dan salah satunya adalah dengan mengatur cutom robot.txt yang terdapat pada menu setelen blogger.

Cara setting custom robot.txt

Silahkan log in ke akun blogger.
Pilih menu setelan.
Lihat bagian preferensi penelusuran.
Pada kolom custom robot.txt biasanya kosong atau ada juga yang sudah berisi tulisan seperti di bawah ini

User-agent: Mediapartners-Google Disallow: /  User-agent: * Disallow: /search Allow: / Sitemap: http://namablog/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Ganti tulisan tersebut dengan tulisan di bawah ini,kemudian ubah url blog dengan url blog kalian.

User-agent: * Disallow: /search Allow: / Sitemap: https://www.namablog.com/sitemap.xml

Ganti tulisan warna merah dengan nama atau url blog anda.
Maka tampilannya akan seperti gambar dibawah.


Lanjut pada bagian Aktifkan tag header robot kustom,centang all dan noodp pada bagian tag halaman beranda,noindex dan noodp pada bagian tag arsip dan halaman penelusuran kemudian all dan noodp pada bagian tag postingan dan halaman lalu klik simpan.

Setelah mengatur custom robot.txt pada menu pengaturan blog,google bot tidak akan langsung mengindeks pada saat itu juga.
Postingan yang telah dipublikasikan baru akan muncul setelah di crawl kembali oleh google bot.
Adapun cara lain untuk lebih mempercepat proses tersebut adalah dengan memanfaatkan layanan google search console,submit url post pada bagian URL inspection yang terdapat pada layanan tersebut setiap mempublikasikan postingan baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar