04 Desember 2020

10 MANFAAT DAN KHASIAT BUAH TIN BAGI KESEHATAN TUBUH KITA

Buah tin atau yang dikenal juga dengan sebutan buah Ara dengan nama ilmiah ficus carica ini memiliki manfaat dan khasiat yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebagian orang menyebut buah ini sebagai buah surga,bukan tanpa alasan mereka menyebutnya seperti itu. Karena saking spesialnya buah ini di terangkan pula dalam kitab suci Al-qur'an sebagai salah satu nama surat yaitu surat At-tin.

Buah ini memiliki banyak kandungan yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah vitamin A,vitamin C,vitamin E,vitamin K dan vitamin B kompleks. Kandungan mineral lainnya yang terdapat dalam buah tin adalah tembaga,zat besi,kalium,mangan,magnesium,kalsium,zinc,sodium,selenium dan lain sebagainya.

Buah tin merupakan buah dengan rendah kalori,jadi bisa langsung disantap dalam kondisi masih segar ataupun yang sudah dikeringkan. Selain buahnya,daun dari tanaman ini juga sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit salah satunya adalah untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita penyakit diabetes,cara pengolahannya beragam ada yang langsung merebusnya ada pula yang dikeringkan terlebih dahulu untuk dikonsumsi sepeti ketika mengkonsumsi daun teh.

Berikut adalah 10 manfaat dan khasiat dari buah tin.

  1. MENJAGA KESEHATAN JANTUNG, karena buah tin meiliki kandungan serat larut berupa pektin yang mampu menurunkan kadar kolersterol dan trigliserida dalam darah.
  2. MENJAGA SISTEM PENCERNAAN, karena dengan mengkonsumsi buah tin secara rutin bisa mengatasi sembelit sekaligus mampu meningkatkan sistem pencernaan secara keseluruhan supaya dapat bekerja dengan maksimal.
  3. MENGATASI GEJALA ANEMIA, karena kandungan zat besi serta multivitamin yang terkandung di dalamnya dapat membantu untuk memproduksi sel darah merah sehingga kadar eritrosit akan naik.
  4. MENJAGA KESEHATAN TULANG, karena kandungan fosfor,magnesium dan kalsium dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang.
  5. MENJAGA KESEHATAN MATA, karena kandungan vitamin A dan karotenoid dalam buah tin dapat mencegah terjadinya penurunan penglihatan atau rabun.
  6. MENGATASI RADANG TENGGOROKAN DAN AMANDEL,  karena kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah tin dapat meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh peradangan atau pembengkakan pada gejala amandel.
  7. MENGATASI MASALAH SALURAN PERNAPASAN, karena buah tin dapat melembabkan selaput lendir pada saluran pernapasan sehingga dapat membantu untuk mengeluarkan dahak.
  8. MENGATASI IMSOMNIA, karena kandungan triptofan yang terdapat dalam kandungan asam amino pada buah tin dapat meningkatkan produksi hormon melatonin atau hormon yang berfungsi untuk membangun siklus tidur.
  9. MENGATASI MASALAH SEKSUAL, karena manfaat mengkonsumsi buah tin mampu mengatasi masalah disfungsi seksual terutama bagi kaum laki-laki.
  10. MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH, karena kandungan antioksidan dalam buah tin mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel tubuh.
Itulah 10 manfaat dan khasiat buah tin bagi kesehatan tubuh yang saya coba tuliskan dari sekian banyak manfaat dan kahsiat lainnya dari buah tin tersebut. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung ke blog yang sangat sederhana ini. Silahkan klik tombol share untuk membagikan artikel ini di laman media sosial,karena berbagi manfaat kepada orang lain adalah hal yang paling indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar