CARI ARTIKEL DISINI

30 November 2020

KHASIAT BUNGA TELANG UNTUK ATASI RADANG MATA DAN BISUL

Bagi sebagian orang bunga telang mungkin bukanlah nama yang asing karena biasanya tanaman ini bisa dengan mudah kita temukan tumbuh merambat di pekarangan ataupun di hutan-hutan. Tanaman ini memiliki bunga yang cukup indah berwarna biru terang dan biasanya di gunakan sebagai bahan pewarna alami.

Tanaman dengan nama ilmiah clitoria ternatea termasuk dalam jenis keluarga polong-polongan yang banyak tumbuh di Asia dan daerah tropis lainnya. Beberapa kandungan yang terdapat dalam tanaman ini diantaranya adalah saponin,flavoid,alkaloid,ca-oksalat dan sulfur.

Menurut cerita orang tua dulu bunga telang ini dipercaya mampu mengatasi peradangan pada mata atau mata merah serta bisa juga untuk menyembuhkan bisul. Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut :

  • Cara menggunakan bunga telang untuk mengatasi peradangan pada mata yaitu dengan merendam bunga telang tersebut pada setengah gelas air bersih sampai warna airnya berubah kebiruan,kemudian gunakan rendaman bunga telang tersebut untuk mencuci mata yang merah atau radang.
  • Cara menggunakan bunga telang untuk mengatasi bisul yaitu dengan menumbuk beberapa tangkai bunga telang sampai halus,tambahkan sedikit gula jawa kemudian bubuhkan pada bisul.
Demikian artikel ini saya tulis berdasarkan cerita dari orang tua yang telah menggunakan bunga telang tersebut sebagai media pengobatan secara alami termasuk ketika anak-anak saya baru lahirpun orang tua saya juga menggunakan rendaman bunga ini untuk menetesi matanya yang katanya supaya mata si bayi menjadi bening dan tampak indah. Sampai disini dulu ya sob dan semoga apa yang sudah saya tuliskan ini bisa bermanfaat untuk semuanya dan terimakasih sudah mampir di blog yang sangat sederhana ini.

Baca juga : Manfaat buah belimbing untuk mencegah tensi darah naik

loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar