02 Januari 2016

CARA MENAMBAHKAN HREFLANG

Menggunakan hreflang untuk bahasa dan url regional berfungsi untuk menyiapkan bahasa dan url regional yang benar dalam hasil penelusuran.
Google menggunakan : rel="alternate"hreflang="x" sebagai fungsi untuk melayani pengguna dari seluruh dunia dengan konten yang di terjemahkan atau di tujukan bagi pengguna di wilayah tertentu.

Bagi anda yang menargetkan situs/blognya pada tingkat internasional tentu hreflang tag ini sangat berguna apabila ada pengguna dari manca negara berkunjung ke situs/blog yang anda miliki.

Dengan menggunakan hreflang untuk bahasa dan url regional,secara otomatis bahasa pada situs/blog anda akan berubah sesuai dengan data hreflang yang anda gunakan atau otomatis menyesuaikan wilayah apabila anda menambahkan hreflang otomatis (x-default).

Kode "x" dalam rel="alternate"hreflang="x" menjelaskan kode bahasa negara yang di gunakan,ganti kode "x" tersebut dengan kode bahasa yang anda inginkan,seperti di bawah ini :

KODE BAHASA : Arab (ar), Indonesia (id), India (hi), Cina (zh), Inggris (en), Belanda (nl), Rusia (ru), Latin (la), Belgia (be), Francis (fr), Spanyol (Es), Korea (ko).

Cara menempatkan hreflang tag.
  • Masuk ke akun blog anda.
  • Pilih menu template.
  • Klik 'edit HTML'
  • Cari kode <head>
  • Tempatkan kode hreflang di bawah kode <head>.
  • Simpan template.

Berikut adalah kode scriptnya :

<link  href="http://example.com" hreflang="en" rel="alternate" />
<link  href="http://example.com" hreflang="id" rel="alternate" />
<link  href="http://example.com" hreflang="ar" rel="alternate" />
<link  href="http://example.com" hreflang="ru" rel="alternate" />
<link  href="http://example.com" hreflang="en-us" rel="alternate" />

Atau anda juga bisa menambahkan kode "x-default" untuk mengubah bahasa dan url regional secara otomatis.

<link  href="http://example.com" hreflang="x-default" rel="alternate" />

Keterangan :

Copy kode script hreflang tersebut,adapun untuk kode bahasanya anda bisa menggantinya sesuai kode bahasa negara yang anda inginkan dan pada tulisan "http://example.com" silahkan ganti dengan alamat url blog anda.
Contoh :

<link  href="http://frenaradea.blogspot.com" hreflang="x-default" rel="alternate" />

Jika tag hreflang tersebut sudah selesai dipasang,maka langkah selanjutnya adalah memeriksa tag hreflang tersebut menggunakan google webmaster tool untuk mengantisipasi sekaligus mengetahui apabila terjadi sebuah kesalahan,hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini.


Jika tidak ada kesalahan maka grafiknya akan ditunjukan oleh warna biru sementara jika terdapat kesalahan maka akan ditunjukan oleh warna merah.

2 komentar:

  1. Kode bahasa untuk bahasa Indonesia apa ya ?

    BalasHapus
  2. Kode bahasa indonesia adalah id dan untuk lebih mudahnya gunakan kode hreflang x-default untuk mengubah bahasa regional secara otomatis. Terimaksih sudah berkunjung.

    BalasHapus