04 Februari 2016

Mengenal definisi iklan


Siapa diantara kita yang tidak mengenal iklan ? Yupz,media yang satu ini banyak di minati oleh hampir semua pelaku bisnis,dimana mereka dapat mempromosikan produk-produk yang mereka miliki dengan kemasan yang di buat semenarik mungkin.

Tapi....apakah kalian sudah tahu mengenai definisi dan jenis-jenis iklan tersebut ? Jika belum,mari kita simak penjelasan dari para ahli di bidang tersebut mengenai definisi dan jenis-jenis iklan.

Ada banyak para ahli atau organisasi-organisasi yang memberikan pengertian mengenai iklan itu sendiri. Namun secara garis besarnya kita bisa memberikan definisi mengenai iklan adalah proses menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan produk-produk (baik itu barang maupun jasa) perusahaan kepada masyarakat umum melalui suatu media tertentu yang memerlukan sejumlah biaya.

Pengertian Iklan Menurut Phillip Kotler.

Seorang guru pemasaran asal Amerika Serikat yang bernama Phillip Kotler memberikan sebuah pengertian,iklan yaitu sebuah bentuk penyajian dan promosi ide, barang, dan jasa secara nonpersonal oleh sebuah sponsor tertentu yang memerlukan sejumlah biaya.
Sponsor yang dimaksud disini adalah perusahaan-perusahaan yang beriklan tersebut, tentunya ini di iklankan melalui suatu media.

Jenis-jenis Iklan.

Mengenali Jenis-jenis Iklan Dalam Media seorang akademisi sekaligus praktisi yang begitu terkenal dalam bidang komunikasi dan pemasaran yang bernama John R. Bittner menggolongkan iklan menjadi dua jenis, yaitu iklan standar dan iklan layanan masyarakat.

  1. Iklan standar yaitu iklan yang dibuat secara khusus untuk keperluan memperkenalkan barang, jasa dan pelayanan untuk konsumen melalui media tertentu. Iklan jenis ini biasa kita sebut sebagai iklan niaga atau iklan komersil. Iklan seperti ini sering sekali kita lihat dalam media-media yang ada disekitar kita seperti televisi, radio, koran, internet, dan lainnya.
  2. Iklan layanan masyarakat yaitu iklan yang sifatnya non-profit yang tujuannya hanyalah keuntungan sosial dalam masyarakat dan bukan keuntungan dalam bentuk materi seperti uang dan lainnya. Contoh iklan layanan masyarakat yang ada disekitar kita seperti iklan bahaya merokok, iklan bahaya pergaulan bebas, iklan bahaya narkoba, dan lainnya.

Jenis-jenis Iklan Menurut Para Ahli Lainnya Menurut seorang parktisi dan akademisi yang populer dengan tulisan-tulisannya mengenai public relations yang bernama Frank Jefkins membagi-bagikan iklan kedalam beberapa jenis, yaitu seperti berikut ini:

  • Iklan konsumen yaitu suatu bentuk iklan yang mempromosikan produk-produk yang secara umum dikonsumsi atau digunakan masyarakat.
  • Iklan antarabisnis yaitu iklan yang mempromosikan produk-produknya kepada perusahaan-perusahaan lain (tidak kepada konsumen).
  • Iklan perdagangan (niaga) yaitu iklan yang dibuat secara khusus untuk ditujukan kepada agen, distributor,dan pedagang-pedagang besar.
  • Iklan eceran yaitu iklan yang dibuat oleh perusahaan untuk mempromosikan produknya kepada pihak-pihak pengecer.
  • Iklan keuangan,iklan ini sering juga kita lihat diberbagai media seperti iklan bank, iklan tabungan, iklan asuransi, iklan investasi, dll.
  • Iklan langsung yaitu iklan yang menggunakan media pos dan langsung sampai kepada tujuan misalnya iklan dengan menggunakan e-mail.
  • Iklan lowongan kerja yaitu bentuk dari iklan yang tujuan utamanya merekrut pegawai atau pekerja yang tentunya sesuai dengan persyaratan.

Demikian penjelasan singkat mengenai definisi iklan menurut para ahli,semoga bermanfaat untuk semuanya.
Selamat berkreasi dan terimakasih atas kunjungannya.
Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar